Roro Jonggrang, Gadis Cantik di Balik Seribu Candi

Roro Jonggrang, Gadis Cantik di Balik Seribu Candi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan candi Prambanan. Ya, sebuah candi yang teletak di perbatasan Jogja dan Klaten ini memang memiliki pesona yang luar biasa. Mengingat candi prambanan, pasti kita teringat pula dengan sosok gadis cantic bernasib malang yang bernama Roro Jonggrang.

Bahkan Candi yang merupakan situs bangunan agama Hindu terbesar di Indonesia ini sering disebut dengan Candi Roro Jonggrang. Hal ini karena salah satu arca yang menjadi perhatian banyak orang dianggap sebagai perwujudan Roro Jonggrang yang menjadi batu.

Arca ini menjadi perlambang adanya kisah antara Rara Jonggrang dengan Bandung Bondowoso, seorang yang ingin menikahinya namun digagalkan oleh Roro Jonggrang sendiri. Inilah yang membuat si gadis cantik dikutuk menjadi batu, akibat kemarahan Bandung Bondowoso.

Seperti apakah kecantikan Roro Jonggrang hingga membuat Bandung Bondowoso menerima syarat berat yaitu membangun 1000 candi dalam semalam saja? Yuk ikuti selengkapnya!

Kecantikan Rara Jonggrang yang Luar Biasa

Barangkali banyak orang mengatakan jika Rara Jonggrang diwujudkan sebagai gadis yang sangat cantik. Parasnya membuat banyak orang jatuh cinta hingga ingin memperistrinya. Bahkan nama “Roro Jonggrang” itu sendiri memiliki arti gadis yang langsing semampai.

Ia adalah anak dari seorang Raksasa bernama Prabu Boko. Meski demikian parasnya bisa membuat banyak orang ingin mendekat. Menurut beberapa versi cerita, Rara Jonggrang tak hanya cantik secara fisik.

Ia pun juga baik meski sakti dan di sekelilingnya banyak raksasa. Di era modern, mungkin seorang Rara Jonggrang adalah wujud putri cantik dari seorang penjahat atau pun Yakuza.

Demikian tentang kisah Roro Jonggrang, Gadis Cantik di Balik Seribu Candi. Semoga bermanfaat untuk Anda.