Mitos Kental di Sumur Jalatunda, Berani Melanggar? Ini Akibatnya!

Mitos Kental di Sumur Jalatunda, Berani Melanggar? Ini Akibatnya! - Sumur Jolotundo merupakan sebuah tempat yang memang sudah tidak asing lagi. Sumur keramat ini bahkan menjadi sebuah destinasi wisata. Setiap harinya begitu banyak pengunjung dan wisatawan yang datang untuk menikmati segar dan sejuknya udara di sekitar sumur ini. Sumur Jolotundo terletak di wilayah Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Tepatnya yaitu di Desa Pekasiran Batur, Kabupaten Banjarnegara.

 

Sebelum sampai di lokasi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa perbukitan dengan lahan perkebunan kentang di kanan kirinya. Perkebunan hijau dan udara yang bersih akan membuat siapa saja yang datang ke sini menjadi bersemangat. Karena otak mendapatkan suplai oksigen segar. Namun siapa sangka, dibalik keindahan alamnya Sumur Jalatunda menyimpan mitos yang begitu kental? Yuk simak apa sih mitos yang ada di wilayah sumur ini!

 

Mitos Keramat di Sumur Jalatunda

 

Untuk bisa melihat sumur raksasa ini, Anda harus menaiki kurang lebih 257 anak tangga. Padahal ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa tidak akan ada orang yang bisa menghitung jumlah anak tangganya dari bawah hingga atas. Ada mitos lainnya tentang barang siapa yang bisa melempar batu hingga dasar sumur pada suatu batas yang ditentukan maka keinginannya akan terwujud.

 

Sesampainya di puncak, ada sebuah lubang raksasa yang berisi air seperti telaga sebenarnya. Dan inilah yang disebut Sumur Jalatunda.  Sumur ini memiliki kedalaman 100 meter dengan air yang berwarna hijau. Mengingat mitos keramat di sumur ini tentu kita tidak bisa begitu saja mengabaikan asal usul sumur mistis ini. Nah, berikut kisah asal usul Sumur Jolotundo!

 

Kisah Asal Usul Sumur Keramat Jolotundo

 

Nama Sumur Jalatunda berasal dari dua suku kata Jala dan Tunda yang memiliki arti wejangan yang berarti atau bermakna. Mungkin hal ini didasari dari cerita asal muasal sumur ini tentang adanya seorang putri yang memiliki sifat yang jahat karena menenggelamkan pangerannya. Putri di sini adalah Roro Jongrang dan pangerannya adalah Bandung Bondowoso. Sebenarnya Roro Jongrang tidak jahat. Hanya saja dia tidak mau dipersunting oleh Bandung Bondowoso yang memiliki perangai kurang baik.

 

Selain itu, ada juga versi lain mengenai asal muasal Sumur Jalatunda ini. Sumur Jalatunda berasal dari cerita pewayangan Bumi Sapta Pratala. Dan masih banyak lagi versi yang lainnya. Sumur Jalatunda memang sangat erat kaitannya dengan beberapa mitos, oleh karena itu untuk selalu berhati-hati dalam berperilaku, jaga kesopanan dan jangan membuang sampah sembarangan.

 

Perhatikan juga langkah kaki Anda agar tidak terpeleset saat menikmati keindahan sumur raksasa ini. Jangan sampai Anda lupa diri saat berfoto selfie. Karena hal ini akan fatal akibatnya. Anda bisa saja terperosok ke dalam sumur yang dalam yang dapat membahayakan nyawa Anda.

 

Itulah sekilas kisah tentang sumur jalatunda semoga bermanfaat.

Ingin tahu Benda Keramat Bertuah koleksi Kang Masrukhan hasil penarikan ghaib di sekitar Makam Roro Jonggrang? YUK KLIK = www.rorojonggrang.com

 

 

 

 

 

 

Alamat Kantor


Perum Pankis Griya - Rumah No.1

Jl. Pakis Raya, RT.01/06, Jepang Pakis

Jati, Kudus, Jawa Tengah,

Indonesia - 59342

 

 

Call Center 1


Telepon & SMS: 085712999772

 

WhatsApp: 085712999772

 

Email: [email protected]


 

 

Call Center 2


Telepon & SMS: 082223338771


WhatsApp: 082223338771


Email: [email protected]

 

Untuk respon cepat silahkan

Telepon/SMS

 

*Note : Kode area Indonesia (+62)

Contoh : +6282223338771

 


 

Hari dan Jam Kerja

Call Center Kami


Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB

Sebelum datang, harap telepon dulu.

 

 

Praktek Supranatural Resmi


Terdaftar di Dinas Kesehatan & Kejaksaan

STPT DINKES: 445/515/04.05/2012

KEJARI: B-18/0.3.18/DSP.5/12/2011

 

Lihat Bukti Legalitas - Klik Disini